Hai sobat pembaca semua, ary pengen bagi-bagi tips nih. Mungkin teman-teman sudah pada tahu tentang hacking password yang sering terjadi di dunia internet. Caranya bisa macem-macem. Ada yang menggunakan tools-tools atau software download untuk cracking password, ada juga yang memanfaatkan setting browser. Kalau menggunakan tools sudah biasa dan itu memang mungkin, akan tetapi bagaimana bisa tanpa tools orang dapat mengambil password kita?

Mereka kebanyakan memanfaatkan setting browser yang kita gunakan. Maksudnya apa? YA, browser pada dasarnya memmpunyai fasilitas atau settingan yang dapat digunakan untuk memproteksi privasi user termasuk password. Apabila fasilitas atau settingan ini tidak berfungsi atau tidak diaktifkan maka kemungkinan besar bagi mereka-mereka yang sudah ahli menggunakan browser bisa mencurti hak privasi anda sebagai user yang pernah menggunakan browser untuk internetan. Karena pada umumnya browser yang tidak mengaktifkan fasilitas ini akan tetap menyimpan password anda. Jadi apabila itu terjadi maka pada saat pengguna lain menggunakan suatu komputer yang sebelumnya anda pakai dan membuka situs yang sama dengan yang anda buka dan login pada bagian yang sama pula maka password dan username anda akan tetap berada disitu sehingga dia punya kemampuan untuk memasuki halaman privasi anda, seperti email, friendster dll.

Bagaimana proses atau bentuk ketika password dan username kita tersimpan pada broser tertentu yang tidak mengaktifkan fasilitas security passwordnya. Perhatikan gambar dibawah ini :

Nah seperti yang terlihat pada gambar diatas, ketika pengguna menekan tombol Tab, maka password akan keluar secara otomatis. Itu berarti browser tersebut tidak melindungi privaci user. Nah pertanyaan sekarang adalah bagaimana mengaktifkan security tersebut pada browser? setiap browser mempunyai cara tersendiri. Nah pada artikel ini penulis cuma mengangkat pada penggunaan browser IE (Internet Explorer) dan Mozilla Firefox. Terus bagaimana dengan dengan browser yang lain? Silahkan cari sendiri caranya. Kurang lebih sama kok.

Internet Explorer

Pada Internet Explorer terdapat settingan pada menu “Tools”

- Pilih Tools

- Pilih Internet Options

- Setelah itu akan tampil kotak dialog seperti gambar dibawah ini :

- Selanjutnya pilih Tab Advanced

- Centang pilihan “Do not save encrypted pages to disk”

- Centang pilihan “Empty temporary internet files folder……”

- Perhatikan gambar dibawah ini

Dengan settingan diatas maka pada saat komputer di reboot maka password tidak akan tersimpan atau dengan kata lain password akan hilang. Jadi pengguna lain tidak akan bisa mengcrack-nya.

Mozilla Firefox

Untuk firefox sebenarnya tidak perlu mengsetting apa-apa. Cara tercepat yang kita gunakan adalah pada saat selesai menggunakan aplikasi ini maka jangan langsung di “Close” Akan tetapi lakukan langkah berikut ini :

- Tekan tombol Ctrl + Shift + Del pada keyboard

- Setelah itu akan muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini :

- Setelah muncul kotak dialog seperti gambar diatas maka centang semua point atau pilihan kemudian klik tombol “Clear Private Data Now”

Dengan cara tersebut maka password yang senula nempel pada mozilla akan terhapu semua.

Gimana gampangkan? Selamat मेंकोबा

Artikel diambil dari http://haryansyah.ppkia.ac.id